Jumat, 06 November 2015

penyakit gula

Mengetahui Berbagai Macam Ciri Ciri Penyakit Gula

Penyakit gula dari diabetes ini tak bisa dipungkiri menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup ditakuti, karena risiko terburuknya adalah kematian. Jika tak kunjung mendapatkan penanganan khusus, seorang penderita penyakit gula juga dikhawatirkan akan mengalami banyak gejala atau ciri penyakit yang sangat menggaggu kenyamanan. Bahkan jika dibiarkan, penyakit tersebut bisa semakin parah dan semakin menggerogoti kesehatan penderitanya. Lalu apa solusinya? Secara umum, solusinya jelas dengan memeriksakan kondisi Anda ke dokter dan mulai melakukan pengobatan secara intensif. Akan tetapi sebelum mengetahui hal tersebut, sebaiknya Anda ketahui dilu beberapa ciri ciri penyakit gula yang mungkin bisa Anda alami dan tentunya bisa membuat Anda semakin waspada.
  1. Banyak Buang Air Kecil
Ciri ciri penyakit gula yang pertama adalah ketika Anda sangat sering buang air kecil. Mungkin jika dilihat sekilas mata dan tanpa pemeriksaan lebih lanjut, hal ini dianggap sebagai masalah yang sepele. Mungkin dianggap sebagai fenomena kedinginan, terlalu banyak minum, dan sebagainya. Akan tetapi sebenarnya penyakit ini disebabkan karena kandungan glukosa yang terlalu banyak di dalam darah. Ketika jumlah insulin berkurang, maka fungsi atau kinerja ginjal juga tidak akan maksimal. Ginjal tidak bisa menyaring gula atau glukosa untuk dikembalikan ke darah. Dan akhirnya ginjal memperbanyak air yang diambil dari darah untuk menghancurkan glukosa. Inilah yang mengakibatkan kandung kemih Anda semakin penuh dan akhirnya Anda menjadi sering buang air kecil.
  1. Terlalu Sering Merasa Haus
Ketika jumlah insulin tidak mencukupi, fungsi ginjal tidak akan bekerja dengan baik, dan pada akhirnya yang terjadi adalah seperti yang tadi sudah dijelaskan yaitu Anda menjadi lebih sering kencing atau buang air kecil. Nah, seringnya buang air kecil tersebut tentu akan membuat Anda menjadi lebih sering merasa haus yang diakibatkan karena penghancuran glukosa yang terjadi di dalam tubuh. Kegiatan penghancuran glukosa yang terhambat akan menyedot air dari darah, sehingga untuk membuat tubuh Anda seimbang, tubuh seolah menagih air yang sudah dibuang dengan cara minum air putih.
  1. Sering Kesemutan
Ciri selanjutnya adalah tubuh merasa sering kesemutan, terutama pada bagian kaki dan juga tangan. Gejala kesemutan ini juga sering diistilahkan dengan neuropati. Gejala ini juga terjadi secara bertahap karena ternyata kadar glukosa berlebih di dalam darah akan membuat sistem saraf menjadi rusak. Akan tetapi justru gejala kesemutan ini sering dianggap sebagai kesemutan biasa saja. Padahal secara tidak langsung, kerusakan saraf bisa saja menyebar ke seluruh tubuh tanpa Anda ketahui. Dan biasanya kondisi gula darah tinggi ini baru akan Anda rasakan setelah beberapa tahun dan ketika Anda mengalami gejala yang lebih kompleks lagi.
semoga informasi tenteng penyakit gula bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2014 Hidup Sehat